Tuesday, October 2, 2007

pertanian dan peluang investasi lain

Wilayah Desa Mojowarno, dikenal sebagai wilayah yang subur karena konon, ada banyak muntahan lahar dingin dari gunung Kelud yang terbawa arus salah satu sungai disana. Dan ini sangat menguntungkan dalam bidang pertanian. Terbukti dengan hasil panen yang bagus dan berhasil membawa kecamatan Mojowarno sebagai salah satu penghasil beras terbesar diwilayah Jombang dan Jawa Timur. Hasil-hasil pertanian berupa padi, jagung, kedelai, kacang hijau, bawang merah dan masih banyak lagi.

Desa Mojowarno sendiri sudah mulai terbuka dengan program intensifikasi dalam bidang pertanian. beberapa laboratorium pertanian dibuat secara swadaya, kelompok tani mulai diaktifkan, dan penyuluhan serta pengayaan untuk petani diberikan bukan hanya dari Dinas Pertanian Daerah, tapi juga dari pihak lain yang berkompeten dan punya kepedulian terhadap masalah pertanian di Desa Mojowarno.

Hasil lain yang cukup membanggakan adalah prakarsa pemuda desa Mojowarno yang tergabung dalam komunitas MAWARNO, yang pada awalnya membuat semacam laboratorium pengembangan Jamur Tiram, yang kemudian dalam perkembangannya bukan hanya pengembangan tapi juga sudah mulai mahir dalam hal pembibitan jamur tiram. Pemasaran Jamur Tiram sendiri dilakukan bermula dari promosi yang berkembang dari mulut ke mulut, kemudian akhirnya jamur tiram mulai mendapat tempat di pasar desa mojowarno bahkan juga di wilayah kecamatan lain seperti ngoro, jogoroto, bahkan juga ke surabaya dan sidoarjo.

No comments: