Thursday, August 19, 2010

PAUD SAHABAT MOJOWARNO


VISI
Menjadi sekolah berbasis komunitas untuk mempersiapkan generasi tangguh yang berkarakter.

MISI
1. Membangun manusia yang berpengetahuan, berbadan sehat dan berakhlaq mulia melalui interaksi optimal dengan lingkungan alam sekitar.
2. Mengembangkan sistem pendidikan berbasis komunitas yang berkualitas.
3. Mempersiapkan peserta didik menjadi generasi yang menyadari sepenuhnya akan potensi yang ada untuk mempersiapkan peserta didik menjadi agen perubahan di tengah masyarakatnya.



Berangkat dari kegelisahan akan jumlah anak usia dini di desa Mojowarno yang kadang hanya dipandang sebagai kebutuhan mewah karena memang pendidikan anak usia dini mayoritas membutuhkan biaya yang cukup tinggi, sementara kami menyadari bahwa perkembangan kecerdasan anak 50% terbentuk pada masa empat tahun pertama usia mereka.

Dengan modal niat, 4 orang perempuan warga desa Mojowarno dengan berbagai latar belakang pendidikan mendiskusikan hal ini dan mengerucut pada keputusan untuk memberikan layanan pendidikan bagi anak usia dini yang bersahabat bagi anak usia dini, bersahabat bagi orang tua, serta bersahabat bagi lingkungan desa Mojowarno. Dalam pengertian bahwa kegiatan pembelajaran yang diberikan berfokus pada anak, sebisa mungkin terjangkau secara pembiayaan oleh orang tua, dan juga menjadi bagian dari masyarakat desa Mojowarno.

Dengan latar belakang tersebut diatas, kami mencoba untuk menghitung peluang dan juga hambatan yang mungkin akan muncul, selain menghitung kemampuan kami dalam mengelola kegiatan pembelajaran di PAUD SAHABAT MOJOWARNO. Beberapa ruang di balai desa hanya difungsikan secara insidentil, sehingga ini memungkinkan kami untuk memanfaatkan ruang tersebut.

Empat orang tenaga pengajar kami rasa lebih dari cukup untuk memulai pengadaan PAUD ini, hanya dengan mengandalkan 2 lembar karpet sumbangan kami membuka pendaftaran. Target awal kami hanya 15 atau 20 anak. Sosialisasi melalui pertemuan PKK dan POSYANDU kami lakukan. Pada awal tahun pertama kami, sedikitnya 68 anak terdaftar. Beberapa ibu wali murid menawarkan diri untuk membantu proses kegiatan belajar. Segala hal yang menyangkut kepentingan anak-anak, kami putuskan bersama wali murid. Besarnya iuran, hari belajar, perlu dan tidaknya seragam, model belajar serta kegiatan belajar yang juga tetap melibatkan orang tua/wali murid.

Pemanfaatan berbagai media yang akrab dengan anak serta mudah didapati di wilayah desa Mojowarno menjadi konsep pembelajaran yang kami lakukan di PAUD SAHABAT MOJOWARNO. Penggunaan jepit jemuran, cetakan kue, kocokan telur, jerami, tepung, kardus dan botol bekas, biji-bijian, lahan sawah dengan padi dan tanaman lainnya, pembatas paving di balai desa, halaman balai desa yang cukup luas untuk menjadi arena outbound bagi anak-anak, serta semua hal yang mungkin kami manfaatkan untuk memberikan stimulasi dalam pengembangan kemampuan anak di segala aspek (agama/moral, bahasa, kognitif, motorik, sosial-emosional, seni dan ketrampilan hidup).

Dengan berjalannya waktu, PAUD SAHABAT MOJOWARNO terus berusaha berbenah dan hingga saat ini, ditahun kedua kami, ada 9 orang guru dengan kualifikasi 5 orang tenaga kependidikan (S-1, D-II, dan SPG-TK) dan 4 orang non-kependidikan (SLTA dan S-1). Kegiatan yang kami adakan juga mencakup pengayaan pengetahuan bagi wali murid yang kami lakukan 3 kali dalam 1 tahun, berupa kegiatan lomba bagi wali murid yang terkait pada pendidikan anak, sarasehan dengan berbagai narasumber. Minimnya fasilitas tidak menyurutkan tekat kami untuk menyediakan pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak usia dini di desa Mojowarno. Harapan kami di PAUD SAHABAT MOJOWARNO adalah untuk mampu “menggesek” berbagai pihak terkait dalam pendidikan anak usia dini, yang nantinya bisa memberikan efek menyeluruh bagi masyarakat desa Mojowarno khususnya.

4 comments:

Anonymous said...

ok.. smoga dgn adanya PAUD SAHABAT, di desa mojowarno tercinta ini. bisa sebagai awal pembelajaran untuk generasi penerus perjuangan bangsa . tuk meraih prestasi,menggapai cita2 anak anak didik,demi terwujudnya masyarakat yang makmur sejahtera secara merata.. amieen.

Welcome to Mojowarno!! said...

amien

Sugeng Kariyodiharjo said...

Mangga wernawerninipun dipun mekaraken !

Welcome to Mojowarno!! said...

mangga bapak, atas dukungan moril pun materiil panjenengan sedaya. nyuwun pangestu...